Belanja Hemat Bebas Ongkir - Produk Original - 100% Garansi Pembelian

TERBONGKAR : KONSUMSI 2 BUAH PISANG SETARA 1 PIRING NASI

pisang dan sepiring nasi

Hallo Foodies, pasti banyak nih dari kalian yang tidak menolak jika disuguhkan buah yang satu ini. Buah berwarna kuning ini sangat multifungsi bisa kita konsumsi langsung dengan rasa khasnya yaitu manis, bisa juga dinikmati dengan diolah menjadi aneka kreasi makanan seperti keripik, kue, dessert , jus, bumbu rujak, dan lain sebagainya. Buah yang satu ini tidak hanya disukai oleh orang-orang seperti kita, namun ada juga hewan yang  sangat erat kaitannya dengannya yaitu  seekor monyet. Apakah kalian sudah bisa menebak buah apakah itu?

Yapsss… Pisang. Pisang adalah buah yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita.Kandungan nutrisi didalamnya meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium. Berdasarkan kandungan vitamin dan mineral  yang terdapat dalam buah pisang tersebut,  sangat relevan jika buah yang satu ini banyak disukai orang-orang untuk dikonsumsi sehari-hari.

 

pisang dan sepiring nasi

Berbicara soal manfaat buah pisang yang kaya akan nutrisi, buah ini juga menghasilkan kalori yang cukup tinggi. Hal ini erat kaitannya dengan hasil dari beberapa survey yang mengatakan bahwa pisang ini bisa menjadi sumber  makanan pokok suatu saat nanti jika terjadi krisis pangan dan perubahan iklim. Didukung oleh pernyataan Consultative Group on International Agricultural Research memperkiraan tiga jenis bahan pangan penting penyedia kalori, seperti tepung jagung, nasi, dan gandum akan makin turun produksinya di negara-negara berkembang. Sedangkan buah pisang sendiri adalah tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah tropis seperti di Indonesia, dengan nilai produktivitasnya  yang sangat baik dan berpotensi terus meningkat dengan varietas yang semakin unggul

setandan pisang
foto : freepik.com

Menurut penjelasan dr. Karunia Ramadhan setiap pisang ternyata memiliki kandungan kalori yang berbeda-beda. Variasi jumlah kalori ini dipengaruhi oleh ukuran pisang. Semakin besar ukurannya, semakin besar pula jumlah kalori yang dimiliknya. Demikian pula sebaliknya.

Berikut adalah kandungan kalori dari berbagai ukuran pisang :

  • Ekstra kecil (kurang dari 6 inci, 81 gram) : 72 kalori
  • Kecil (6-7 inci, 101 gram) : 90 kalori
  • Sedang (7-8 inci, 118 gram) : 105 kalori
  • Besar (8-9 inci, 136 gram) : 121 kalori
  • Ekstra besar (9 inci atau lebih, 152 gram) : 135 kalori

Meskipun demikian, untuk foodies yang mungkin belum begitu paham terkait penjelasan kalori diatas, tidak perlu khawatir karena pada dasarnya jumlah kandungan kalori pada pisang berkisar 72-135 kalori tetapi rata-rata umum kalori pada sebuah pisang yaitu 100 kalori. Terdapat penjelasan juga terkait nilai gizi dan kalori pada beberapa jenis pisang.

Pisang Apel

Pisang Apel

Pisang Apel ini  berasal dari wilayah kepulauan Hawaii, Amerika. Buah ini dikenal juga  sebagai candy apple banana, karena memiliki rasa yang sangat manis seperti permen. Pisang apel memiliki tekstur daging yang sangat padat dengan warna kulit kekuningan jika telah matang. Jenis pisang ini sangat cocok sekali disajikan sebagai campuran salad atau hidangan penutup lainnya. Pisang apel banyak sekali tumbuh di daerah-daerah hutan tropis di sekitar pulau Hawai.

Pisang ini termasuk jenis pisang yang memiliki nilai kalori 105 terdiri atas 3% lemak, 93% karbo dan 4 % protein. Selain itu kandungan serat pada jenis pisang apel ini yaitu 3,1 g sedangkan kandungan gulanya 14,43 g.

 

 

Pisang Sunpride

Pisang Single Sunpride

Pisang Cavendish Sunpride adalah pisang asli Indonesia yang ditanam di kebun milik grup Gunung Sewu Kencana yang berada di Lampung dan Blitar. Pisang Cavendish banyak dianggap sebagai buah impor karena kulit pisang yang relatif mulus serta warnanya yang kuning cerah.

Pisang Sunpride dengan berat 100 g per buahnya memiliki nilai kalori sebesar 90 terdiri atas 96% karbohidrat, 0% lemak, 4% protein. Serat yang terdapat padat sebuah pisang sunpride ini sebanyak 2 g serta kandungan gula 3 g.


Pisang Kepok

Pisang Kepok

Pisang kepok (Musa paradisiaca forma) adalah buah yang pertama kali dibudidayakan di Filipina, namun saat ini pisang kepok telah populer di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pisang kapok ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Menurut jurnal dari Scientific Reports bahwa pisang kepok juga mengandung fenolik, flavonoid, dan antioksidan.

Nilai kalori yang terdapat pada pisang kepok dengan berat 100 g per buahnya yakni 115 yang terdiri atas  94% karbohidrat, 2% lemak dan protein 4%.  Serat yang terdapat pada pisang kepok ini sebanyak 2,2 g serta mengandung gula 14,15 g.

Pisang Raja

Pisang Raja

Pisang raja adalah spesies pisang  yang tumbuh subur  pada daerah tropis di Asia Tenggara dan banyak disukai orang-orang  selain karena rasanya yang khas pisang ini mudah untuk didapatkan di pasar tradisional maupun supermarket. Pisang ini mengandung protein, karbohidrat lemak, kalsium, fosfor dan zat besi sekaligus vitamin A, B1  yang dan juga vitamin C.

Pisang Raja memiliki nilai kalori yang cukup tinggi yakni 276 yang mana terdiri atas 96% karbohidrat, 1% lemak, dan 2 % protein. Serat yang terkandung dalam buah pisang ini sebanyak 5,5 g dan kadar gula 33,38 g.

Berdasarkan uraian penjelasan diatas pada masing-masing pisang memiliki nilai kalori yang berbeda-beda. Namun dapat disimpulkan bahwa kalori yang terdapat pada pisang berkisar 100- 200 kkal per satu buah pisang.  Sedangkan nilai kalori yang terdapat pada sepiring nasi dilansir dari beberapa sumber berada pada nilai kurang lebih 200 kkal. Sehingga dapat kita asumsikan bahwa memakan satu hingga dua buah pisang setara dengan memakan sepiring nasi. Pada sepiring nasi mengandung nutrisi 2% lemak, 89% karbohidrat, serta 9% protein. Selain itu, nasi putih juga  memiliki kandungan 44,08 gram karbohidrat, 4,2 gram protein, serta 0,08 gram gula. Oleh sebab itu dengan kita mengkonsumsi satu hingga dua buah pisan kita sudah bisa memenuhi kebutuhan sebagian kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita perharinya disamping asupan kalori dari makanan yang lain.

Disamping itu, dengan mengkonsumsi pisang, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh kita seperti :

  1. Membantu Mengatasi Hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit  sehingga tekanan darah tetap stabil. Kemudian  serat yang terdapat dalam bauh pisang mampu mengikat lemak, dengan demikian pembentukan plak bisa dicegah. Plak itu suatu kondisi yang bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.

  1. Sumber Karbohidrat dan Vitamin A

Pisang kaya akan vitamin dan serat. Buah ini termasuk salah satu buah yang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat, dan lima kali lipat vitamin A. Selain itu pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Pisang Perlancar Metabolisme

Mengkonsumsi pisang dapat membantu permasalahan kalian misalnya mengalami kesulitan saat buang air besar, maka memakan buah pisang adalah alternatif sebagai langkah pengobatan. Buah ini dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi penyakit , sehingga bisa menjaga kesehatan tubuh kita.

  1. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah.

  1. Mengatasi Anemia

Salah satu hal penting pada kandungan pisang adalah zat besi. Buah pisang ini baik bagi orang yang kekurangan darah merah. Tepatnya untuk mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein yang mengandung zat besi.

  1. Menurunkan Berat Badan

Untuk orang yang melaksanakan diet, karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Di samping itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan.

  1. Menyehatkan Tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan pisang mengandung mangan cukup tinggi.

  1. Untuk Merawat Kulit

Pisang yang dicampur madu berkhasiat untuk mengatasi kulit yang kering. Ini juga baik untuk rawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung semakin kering. Selain itu, pisang baik untuk mengatasi jerawat. Caranya: hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

  1. Pisang Mampu Meningkatkan Mood

Dengan mengkonsumsi pisang dapat memicu tersedianya hormone serotonin di dalam otak, Hormon ini menyebabkan timbulnya rasa bahagia atau senang dalam diri seseorang dengan begitu mampu meningkatkan Mood seseorang.

Banyak manfaat yang dapat kita temukan buah pisang dimana buah ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, serat dan mineral, pisang juga mampu menjaga kesehatan organ dalam maupun luar dari dari tubuh kita. Namun uniknya masih banyak juga orang Indonesia yang tidak suka mengkonsumsi buah ini secara langsung untuk dinikmatinya melainkan harus diolah terlebih dahulu menjadi kreasi makanan ataupun minuman. Sekitar tiga atau  empat tahun yang lalu, pisang ini amat sangat viral karena adanya kemunculan kreasi olahan makanan dari buah ini yang biasa disebut  nugget pisang. Nugget pisan ini makanan yang terbuat dari buah pisang yang dihancurkan dan dibalut dengan tepung roti kemudian diberi beragam topping selera seperti greentea, vanilla, coklat dan masih banyak lagi lainnya. Untuk kalian yang ingin tahu resep nugget pisang, bisa banget kunjungi halaman resep di https://www.chocolazo.co.id/category/artikel/resep-makanan-minuman.Terkait informasi resep makanan kekinian lainnya ataupun informasi terkini  bisa juga kalian kunjungi pada tersebut. Selain itu kami juga salah satu platform yang membantu menyediakan kebutuhan bahan baku coklat premium.

Chocolazo sebagai produsen serbuk bubuk coklat di Indonesia yang enak, berkualitas, harga terjangkau dan sudah tersertifikasi halal dan memiliki izin edar yang terpercaya. Chocolazo juga merupakan serbuk coklat siap seduh untuk dikonsumsi sebagai minuman atau sebagai bahan baku tambahan pembuatan kue dan dessert dengan beberapa varian produk seperti Chocolazo Chocolate Powder Light, Chocolate Powder Barista Mate, Original Chocolate Drink,  Milk Chocolate Drink, dan Chocolate Powder Dark-Brown. Klik disini dan cobalah untuk merasakan  kenikmatannya bersama orang tersayang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
LOGO TOKO CHOCOLAZO GOLD

Chocolazo Indonesia

Selamat datang di Toko Kami. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu

WhatsApp Form